Saturday, June 9, 2018

Tips Mudik Lebaran 1439 H tahun 2018

Hai Para Honda Lover pembaca setia blog www.berdansa.net  Hari ini Sahabat kita yang muslim sedang menjalankan ibadah puasa, Selamat menunaikan ibadah puasa ya Sahabat Honda yang menjalankan.

Tidak bisa dipungkiri lagi di negara kita tercinta Indonesia ini tradisi mudik tidak bisa dipisahkan dengan perayaan Lebaran. Bahkan dari tahun-tahun para “mudikers” selalu mendapat perhatian khusus dari pemerintah, mulai dari pembuatan jalan baru, perubahan arus sementara, penyediaan penukaran uang receh, bahkan sampai pada penggratisan tiket Toll.

Betapa tidak, saat arus mudik dan arus balik ini terjadi gelombang besar arus kendaraan baik mobil maupun sepeda motor. Hal ini di tahun-tahun sebelumnya menjadi masalah tersendiri bagi pemerintah, macet yang bisa sampai berhari-hari sampai pada terjadinya korban jiwa yang jumlahnya tidak sedikit.

Setahun sekali para perantau yang muslim ini akan melepaskan rindu kepada sanak keluarga di kampung halaman. Ada yang seminggu sampai ada satu bulan lamanya di kampung, tergantung dari kondisi keuangan dan keadaan keluarga di kampung tercinta.


Untuk bisa sampai di kampung dengan keadaan selamat tentunya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sehingga bisa berkumpul kembali bersama keluarga. Nah, dalam kesempatan mudik kali ini saya ingin bagikan tips mudik lebaran 1439 H.

Tips mudik bagi pengguna sepeda motor honda tahun 2018 edisi lebaran 1439 H :
1.       Siapkan kartu e-toll anda. Saat ini hampir semua jalan toll sudah menggunakan transaksi non tunai di setiap pintu masuknya. Jadi jangan sampai Cuma gara-gara kelupaan membawa kartu e-toll perjalanan anda menjadi terganggu. Anda bisa mendapatkan kartu e-toll ini di bank bank penyedia kartu e-toll seperti bank Mandiri, BNI, BCA dengan kartu e-money yang mereka keluarkan dimana kartu ini bisa juga anda gunakan untuk membayar tiket toll.
2.       Periksa Kondisi Sepeda motor Honda Anda.  Cek bagian-bagian penting seperti kondisi rem, ban, balon lampu, bel, tali kilometer, rantai, v-belt dan hal lain yang berhubungan dengan keselamatan berkendara. Jika anda tidak memiliki waktu melakukannya anda bisa datang ke bengkel resmi  Honda terdekat atau ke bengkel resmi honda langganan anda. Nah di daerah bali ada banyak sekali bengkel resmi honda daerah bali yang bisa anda datangi.
3.       Jaga kondisi kesehatan anda. Bagaimanapun yang mengendarai sepeda motor honda adalah anda, jadi adalah sangat penting untuk menjaga kesehatan terutama di masa-masa menjelang mudik. Kurangi begadang, makan makanan yang sehat dan berolahraga adalah hal yang bisa anda lakukan.
4.       Manfaatkan fasilitas peristirahatan Honda. Akan lebih aman bagi anda bila di perjalanan anda memanfaatkan fasilitas peristirahatan dari honda ini, jeda dalam perjalanan bisa menghilangkan rasa kantuk anda dan membuat anda segar kembali. Biasanya selain fasilitas pengeceken sepeda motor gratis disediakan juga tempat untuk beristirahat gratis.
5.       Siapkan uang kecil. Ada banyak sekali penukaran uang kecil yang bisa anda datangi selain bank. Di bali anda bisa datang ke koperasi-koperasi atau ke LPD (lembaga perkreditan desa) untuk mendapatkan pecahan 1.000 sampai 20.000 an yang bisa anda bagi-bagikan ke sanak famili di kampung halaman.
6.       Pastikan listrik dan kompor dalam keadaan aman. Buka selang gas di dapur anda dan cabut cuk listrik yang tidak penting untuk menghindari arus pendek yang bisa berakibat kebakaran.
7.       Beri nomor HP anda ke tetangga. Ini penting apabila sewaktu-waktu ada hal mendesak yang harus anda ketahui tentang rumah atau kos yang anda tempati di rantauan, tetangga anda dapat dengan mudah menghubungi anda.
8.       Pastikan pulsa dan kuota anda terisi, serta pastikan anda membawa charger HP anda. Bila anda mencoba jalur baru map di hp anda akan sangat membantu dan hanya bisa terbuka bila kuota anda cukup. Selain itu anda bisa pantau jalur mudik dan berita terbaru melalui hp anda.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa terapkan pada kesempatan mudik kali ini. Selamat mudik ya honda lovers.. tetap waspada dijalan. Salam satu hati

#lebaran1439H #tipsmudik #tipsmudiklebaran #hondacarebali #ahassbali

0 comments:

Post a Comment